Sabtu, 08 September 2012

Studi Kasus : Keberagaman Budaya Patut Dijaga

Keberagaman budaya merupakan kekayaan bangsa yang patut dijaga. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan budayanya. Budaya dianggap sebagai ciri suatu negara. Apakah para politisi negeri ini menyadari pentingnya kebudayaan, kesenian, bagi perkembangan peradaban suatu bangsa. Kebangkitan dari keterpurukan akibat krisis ekonomi, krisis kepemimpinan, penanganan terhadap terorisme tak dapat dilakukan serta merta tanpa strategi kebudayaan sama sekali.
Hal yang harus dipahami yaitu kebudayaan merupakan hal penting dan aset bagi negara, tak hanya pertumbuhan ekonomi, anggaran pertahanan, tata kelola pemerintahan, atau hak asasi manusia. Ekonomi dan lingkup komersial digalakkan untuk kemajuan negara, pada saat yang sama, tak terlihat bagaimana tindakan preventif bagi situs budaya yang terancam digusur proyek pariwisata. Seperti misalnya bangunan cagar budaya di kawasan Kota Jakarta yang tak lagi terurus. Saat itu, di mana kepedulian kita sebagai pemilik sah kebudayaan kita sendiri? Ketika batik dan wayang diperebutkan, barulah kita sibuk membuat hak cipta pada sebuah pranata dan kebudayaan. Tak banyak yang bisa dilakukan para budayawan jika yang mereka lakukan tak mendapat dukungan langsung dari pemerintah kita sendiri.
Bangsa Indonesia masih kehilangan arah dalam berbudaya. Bentuk seni seperti teater, seni tari, paduan suara, lukis, dan banyak lagi medium kebudayaan lainnya yang bisa kita banggakan sebagai budaya kita. Ada banyak hal yang bisa kita lihat sebagai satu ciri bangsa, namun sayang tak dilirik oleh mereka yang memiliki peranan di pemerintahan. Kebudayaan dianggap hal yang marginal. Ini terlihat dari kurikulum yang ada di negeri ini, kesenian dan kesusasteraan menjadi bagian minor.
Kini, tak banyak yang harus kita benahi dalam soal kebudayaan. Kita harus sadar, tak ada bangsa besar yang tak menghormati kebudayaan. Hal ini tak dapat kita lakukan sendiri tanpa dukungan dari semua pihak. Ini adalah perkerjan rumah yang tak hanya untuk budayawan, tapi untuk kita pula sebagai bangsa Indonesia.


http://news.okezone.com/BeritaAnda/index.php/ReadStory/2009/08/30/230/252675/keberagaman-budaya-patut-dijaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar